Senin, 04 September 2017

3 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Negara kita, Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang kaya akan makhluk hidup mulai dari tanaman hingga hewan-hewannya. Ikan merupakan jenis hewan yang banyak di temukan di Indonesia, baik itu ikan konsumsi mapun ikan hias.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh kementerian kelautan dan perikanan, Indonesia memiliki lebih dari 400 spesies jenis ikan air tawar dari 1.100 spesies ikan air tawar yang diperjualbelikan di berbagai negara.

Trend ikan sendiri setiap tahunnya berubah-ubah, hanya ada beberapa ikan hias yang mmeiliki peminat yang tetap. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan hias air tawar yang banyak dibudidayakan serta diperjualbelikan di Indonesia.

1. PROFIL IKAN HIAS DISCUS

Sesuai dengan namanya, Discus memiliki bentuk bundar pipih seperti piring (disc). Ikan ini berasal dari benua Amerika tepatnya di perairan Amazon. Yang menarik dari ikan ini adalah warna sisiknya yang menawan dengan perpaduan warna beragam.

Ikan Discus hidup menyendiri dan berkoloni jika bertemu dengan koloninya. Matanya yang berwarna merah memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Untuk harga, ikan Discus merupakan ikan hias termahal di seluruh dunia.

Ikan jenis ini sangat cocok dikembang biakan di wilayah yang beriklim tropis. Suhu tropis yang hangat membuat ikan ini dapat berkembang biak. ikan Discus mulai berkembang biak ketika usia memasuki bulan ke 12-18.

2. PROFIL IKAN HIAS CUPANG

Ikan Cupang memiliki nama latin Betta splendens yang merupakan family dari Belontiidae. Ikan berselendang ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak hidup diperairan air tawar Asia Tenggara.

Sifatnya yang agresif dan protektif membuatnya dijuluki sebagai ikan petarung. Ya. Ikan petarung. Selain keindahan siripnya ikan ini juga biasa diadu dengan ikan sejenisnya.

Selain itu, kemampuan bertahan hidupnya terbilang unik. Ikan ini mampu hidup di lingkungan yang minim akan oksigen. Hal ini yang membuatnya mudah untuk dipelihara dan dikembang biakkan.

3. PROFIL IKAN HIAS GUPPY

Guppy terlahir sebagai family Poeciliidae dengan nama latin Poecilia Reculata, panjang ikan ini hanya berkisar 2 sampai 2,5 inchi saja. Bentuknya yang unik bak penari wanita yang mengenakan rok warna-warni, menjadikannya layak untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Ikan Guppy jantan memiliki warna yang cenderung menyala dan indah, kelebihan ini digunakan sebagai para betina yang memiliki warna lebih kusam.

Ikan Guppy merupakan ikan yang banyak hidup di Amerika tengah, Amerika Selatan, dan Venezuela. Baru pada tahun 1920an ikan ini mulai diemukan di Indonesia sebagai ikan hias akuarium.

Perkembangan biakan ikan ini terbilang cepat, dengan kemampuan beradaptasi yang luar biasa ikan Guppy kini banyak ditemukan di seluruh dunia. Dalam perkembangannya ikan Guppy hanya membutuhkan 4-5 minggu untuk menghasilkan 30-100 anakan.